Tips Aman Dan Mudah Untuk Penderita HIV berolahraga

Olahraga tidak hanya dianjurkan bagi orang yang sehat, melainkan olaharaga memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita HIV/AIDS. Ingin tahu apa saja tips aman dan mudah untuk penderita HIV berolahraga ? Simak lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Tips Aman Dan Mudah Untuk Penderita HIV Berolahraga

Namun, sebelum kami memberikan informasi seputar tips aman dan mudah untuk penderita HIV berolahraga, terlebih dahulu kami akan memberikan informasi mengenai HIV itu sendiri.

Informasi Seputar HIV/AIDS

HIV merupakan virus yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh (sistem immun). Diman seseorang yang terindikasi penyakit ini tidak bisa bertahan terhadap penyaki-penyakit yang menyerang tubuhnya.

Jika sistem kekebalan tubuh seseorang sudah rusat atau melemah, maka ia akan sangat rentang terserang penyakit, seperti penyakit TBC, diare, sakit kulit dan penyakit lainnya. Pada umumnya penderita HIV akan merasakan beberapa tanda atau gejala penyakit HIV mirip dengan infeksi virus, berikut ini tanda dan gejala HV yang wajib anda ketahui dianataranya :

  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Sakit Otot
  • Kelelahan
  • kehilangan Berat Badan
  • Pembengkakan Kelenjar Di Tenrggorokan, Ketiak atau Pangkal Paha

Biasanya penyakit HIV bisa ditularkan melalui beberapa faktor seperti, transfusi darah, berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi HIV, menggunakan jarum suntik secara bergantian dengan orang yang terinfeksi HIV, Seorang ibu yang terinveksi HIV kemudian menyusui bayinya maka bayi tersebut juga akan terinfeksi dan menggunakan peralatan tato yang tidak steril.

Nah, itulah beberapa gejala serta faktor penyebab HIV. Ayo mulai dari sekarang rubah hidup anda menjadi lebih sehat agar terhindari dari hal-hal yang tidak di inginkan. seperti janji kami diatas bahwasanya kami akan memberikan tips aman dan mudah untuk penderita HIV berolahraga, simak penjelasan berikut ini.

Tips Aman Dan Mudah Untuk Penderita HIV berolahraga

Tentunya akan sangat sulit bagi anda mengawalai olahraga setelah terdiagnosa penyakit HIV dan memutuskan untuk memiliki rutinitas yang sehat seperti berolahraga. Berikut ini adalah beberapa tips olahraga untuk penderita HIV.

  1. Pasang 2 Alarm

Pada tahap awal mungkin anda akan merasa sangat berat untuk bangun di pagi hari untuk memulai berolahraga. Namun tidak perlu khawatir, agar anda bisa bangun tepat waktu gunakan 2 alarm dan letakan jauh dari tempat tidur anda. Alarm pertama digunakan untuk memberi tahu bahwa anda masih memiliki beberapa menit untuk tidur dan alarm yang kedua untuk benar-benar membangunkan anda.

  1. Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Benar

Minum cukup cairan sangat penting ketika anda melakukan olahraga, karena air dapat menggantikan cairan yang dikeluarkan melalui keringat. Namun harus anda ingat bawa teh, kopi, soda, coklat atau alkohol merupakan beberapa jenis minuman yang dapat menyebabkan anda kehilangan cairan tubuh, bisa dikatakn juga bahwa minuman tersebut berbahaya.

Sebelum anda melakukan olahraga jangan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sangat besar. Cobalah uintuk mengkonsumsi camilan sehat seperti apel atau roti gandung lapis isi selai kacang sebelum melakukan olahraga agar dapat meningkatakan tenaga.

  1. Pilihlah Akitivtas Yang Sesuai

Pilihlah kegiatan yang anda gemari seperti yoga, berlali bersepeda atau olahraga lainnya, karena dengan melakukan aktivitas yang kita gemari dapat mendorong anda untuk tetap rutin melakukan olahraga.Anda bisa memulai olahraga ringan dan meningkatkan intensitasnya saat kondisi kesehatan anda sudah membaik.

Apabila kesehatan anda sudah membaik, maka anda bisa mengikuti olahraga kompetatif. Tenang saja, berpartisipasi dalam olahraga ini tidak akan membuat anda memiliki risiko penyebaran HIV pada atlit lain dan pelatih.

  1. Jangan Melakukan Olahraga Secara Berlebihan

Lakukan olahraga secara rutin dan jangan terlalu diposir, karena olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Berolahragalah setidaknya seminggu 3 kali dengan waktu 20 menit.

Rutin berolahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh sehingga and akan merasa lebih baik. Setelah merasakan kekuatan dan tenaga anda meningkat, maka cobalah untuk menambahkan waktu olahraga misalnya, 30 menit hingga 1 jam, 3-4 hari seminggu.

Olahraga juga bisa menjadi salah satu terapi HIV yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Selain mengkonsumsi obat untuk mengatasi penyakit HIV, disamping itu juga olahraga sangat berguna untuk menunjang kesembuhan anda. yuk mulai darai sekarang lakukan olahraga secara rutin guna menghempas semua gejala penyakit.

Baca Juga : Manfaat Daun Sambiloto Untuk Penderita HIV/AIDS

Demikian informasi seputar tips aman dan mudah untuk penderita HIV. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih ata kunjunagnnya dan semoga leaks sembuh.

Post By : Obat Infeksi Saluran Kencing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*